Selasa, 26 Mei 2009



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kini telah banyak ditemukan alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan. Salah satu penemuan itu adalah mikroskop.
Mikroskop merupakan salah satu alat penting dalam kegiatan biologi. Dengan menggunakan mikroskop kita dapat mengamati dengan jelas benda-benda yang sangat kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang (kurang dari 0.1 mm).
Ada dua jenis mikroskop berdasarkan pada kenampakan objek yang diamati, yaitu mikroskop dua dimensi (mikroskop biologi/monokuler) dan mikroskop tiga dimensi (mikroskop stereo/binokuler). Mikroskop biologi umumnya memiliki lensa okuler dan lensa objektif dengan kekuatan perbesaran 40x hingga 1000x. Adapun kekuatan perbesaran lensa okuler dan objektif adalah sebagai berikut :
1. Objektif 4x dan okuler 10x, pembesaran total 40x.
2. Objektif 10x dan okuler 10x, pembesaran total 100x.
3. Objektif 40x dan okuler 10x, pembesaran total 400x.
4. Objektif 100x dan okuler 10x, pembesaran total 1000x.
Objektif yang paling kuat pada mikroskop optik 100x disebut objektif emersi, karena penggunaannya harus dengan minyak emersi.
Mikroskop binokuler atau stereo digunakan untuk pengamatan benda-benda yang tidak terlalu besar, transparan atau tidak. Penyinaran dapat diatur dari atas maupun dari bawah dengan sinar alam atau lampu. Memiliki dua buah okuler dan dua buah objektif, sehingga diperoleh bayangan tiga dimensi dengan pengamatan kedua belah mata. Kekuatan pembesaran lensanya tidak terlalu kuat umumnya objektif 1x atau 2x dengan okuler 10x atau 15x.
Pada kesempatan praktikum ini kita akan melakukan pengamatan epidermis tumbuhan dengan menggunakan mikroskop biologi atau mikroskop monokuler dengan beberapa pembesaran.
B. Tujuan
Adapun tujuan dari percobaan ini yaitu agar kita sebagai mahasiswa terampil menggunakan mikroskop biologi dengan cepat dan aman untuk melihat sediaan sederhana.
C. Manfaat
Adapun manfaat dari percobaan ini yaitu agar mahasiswa, masyarakat dan umum dapat lebih mengenal tentang mikroskop dan mengetahui teknik penggunaan mikroskop yang benar.


DOWNLOAD FILE >>>>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar