Selasa, 26 Mei 2009

Makalah Strategi Belajar Mengajar

Penerapan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Dalam Pembelajaran Matemetika


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang mutlak bagi manusia agar dapat membangun peradaban bangsanya. Dalam pendidikan itu, manusia diajarkan dengan berbagai disiplin ilmu sebagai salah satu disiplin ilmu yang diajarkan diberbagai jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi adalah matematika.
Salah satu karakteristik matematika adalah mempunyai objek yang bersifat abstrak. Sifat abstrak ini menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami matematika. Prestasi matematika siswa baik secara nasional maupun internasional belum menggembirakan. Third Internasional Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 1999 (Subarta, 2004) melaporkan bahwa Indonesia jauh dibawah rata-rata skor matematika siswa internasional dan berada pada rangking 34 dari 38 negara. Ini menunjukkan betapa lemahnya kemampuan penguasaan rnatematika di negara ini. Rendahnya prestasi rnatematika siswa disebabkan oleh faktor siswa yaitu mengalarni masalah secara komprehensif atau secara parsial dalam matematika. Selain itu, belajar matematika siswa belum bermakna, sehingga dalam hal ini siswa sangat lernah.
Jennings dan Dunne (Suharta, 2004) mengatakan bahwa, kebanyakan siswa rnengalami kesulitan dalam mengaplikasikan matematika ke dalam situasi kehidupan real. Hal ini yang menyebabkan sulitnya matematika bagi siswa adalah karena pembelajaran matematika kurang bermakna. Guru dalam pembelajarannya dikelas tidak mengaitkan dengan skema yang telah dimiliki oleh siswa, dan siswa kurang diberikan kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri ide-ide matematika sehingga anak cepat lupa dan tidak dapat mengaplikasikan matematika.
Kondisi pembelajaran yang kurang bermakna dialami oleh sekolah-sekolah baik pendidikan dasar maupun pendidikan menengah. Salah satu asumsi dibalik kurang memuaskannya kualitas proses pembelajaran matematika adalah disebabkan metode, strategi dan pendekatan yang digunakan oleh pendidik kurang efektif dalam proses pembelajaran strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru-guru masih menggunakan pendekatan tradisional atau mekanistik dimana siswa secara pasif menerima konsep, rumus dan kaidah (mernbaca, mendengarkan, mencatat, menghafal) tanpa memberikan kontribusi ide-ide dalam proses pernbelajaran
Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam pembelajaran matematika yakni perubahan dalam strategi pembelajaran termasuk pendekatan pembelajaran. Pendekatan realistik adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang menerapkan agar pembelajaran bertitik tolak pada hal-hal yang nyata hagi siswa, menekankan keterampilan berdiskusi, dan berargumentasi dengan teman sekelas. Sehingga mereka dapat menemukan sendiri, dan pada akhinya menggunakan matematika dalam menyelesaikan masalah baik secara individu maupun secara kelompok.
Salah satu filosofis yang mendasari pendekatan realistik adalah bahwa matematika bukanlah suatu kumpulan aturan atau sifat yang sudah lengkap yang harus siswa pelajari. Pengembangan pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik merupakan salah satu usaha meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Dengan menerapkan pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan basil belajar matematika (Lasedu Alfon, 2006).

DOWNLOAD FILE >>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar