Selasa, 26 Mei 2009

Makalah Metodologi Penelitian

PENELITIAN SURVEY


A. PENGANTAR


Dalam kamus disebutkan pengertian survey, yaitu tindakan mengukur atau memperkirakan. Namun dalam penelitian survey lebih berarti sebagai suatu cara melakukan pengamatan di mana indikator mengenai variabel adalah jawaban-jawaban terhadap pertanyaan yang diberikan kepada responden baik secara lisan maupun tertulis.

Survai digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relative kecil. Populasi tersebut bias berkenang dengan orang, instansi, lembaga, organisasi, unit-unit masyarakat, dll., tetapi sumber utamanya adalah orang. Survey biasanya dilakukan satu kali. Peneliti tidak berusaha untuk mengatur atau menguasai situasi. Jadi perubahan dalam variabel adalah hasil dari peristiwa yang terjadi dengan sendirinya.

Survai merupakan bagian dari metode deskriptif, batas antara keduanya memang tidak begitu jelas, tapi secara umum dapat dilihat perbedaannya :

1. Pencarian dan analisis data pada metode deskriptif lebih mendalam disbanding dengan survai, survai menghimpun data yang bersifat permukaan, pencatatan data, menghimpun pendapat umum, ( public opinion polling ), berkenaan dengan masalah-masalahapa, sedang metode deskriptif lebih mendalam berkenaan dengan masalah bagaimana dan mengapa.

2. Survai mengungkap masalah yang lebih luas, lengkap daerah yang luas dengan jumlah populasi dan sampel yang lebih besar, sedang metode deskriptif lebih terbatas, lingkup daerah lebih sempit, populasi dan sampel lebih sedikit.

Penelitian survai termasuk ke dalam penelitian deskriptif, meskipun dalam survey sudah banyak dikembangkan menjadi penelitian-penelitian yang sudah mulai melakukan ‘inferensial’, melakukan prediksi tertentu. Contoh soal: Sensus penduduk biasanya dilakukan setiap lima tahun dan menjelang pemilihan umum. Di antara sensus yang dilakukan lima tahun sekali, biasanya dilakukan SUPAS (survey penduduk antar sensus). Karena hanya survey, maka berlaku teknik sampling. Tidak semua pendudiuk dijadikan responden. Dalam hal ini hasil survey diharapkan sanggup ‘menginferens, meramalkan dalam tingkatan tertentu terhadap situasi dan kondisi kependudukan pada umumnya.


DOWNLOAD FILE >>>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar